Ahad, 10 Mac 2013

Si kecil mungil yang punya andil

Menguraikan lukisan saya yang jauh dari sederhana ini tidak
sesederhana yang terungkap oleh Papux Abat tentang si kecil yang punya
andil ( SIX KODEX LAGUX LUEX GAWEX).
Papux Abat menceritakan tentang si kecil mungil tapi jika ia berputar
dan bergerak maka yang lebih bengkok pun bisa diluruskan juga
tentunyayang lurus bisa dibengkokkan dengan adanya bantuan tali dan
pohon besar tempat berpaut (pada gambar kayu kecil pendek terlilit
tali).
Ketika saya tanya Papux Abat tentang si kecil ini, Papuq Abat
mengatakan si kecil bisa saja seseorang atau kelompok kelompok yang
berada di tengah tengah kita,alangkah berbahayanya jika pihak tengah
di tengah tengah kita mengetengahkan sesuatu yang lurus padahal
bengkok dan yang bengkok padahal lurus.
Begitu juga alangkah indahnya jika para penengah ini adalah orang
orang yang meluruskan yang lurus dan meluruskan yang bengkok.
Saya bertanya lebih jauh lagi tentang si kecil penengah ini kepada
Papuq Abat ,dia berkata "ENTE Gene LEBIH TAO,NAOX,NENAOX, ( kamu
mungkin lebih tahu mengetahui berpengetahuan)
Itu tentang uraian Papuq Abat dan biarlah jadi pendapatnya sendiri
tentang orang tengah ini,begitu juga dengan pembaca semuabebas
menguraikan makna yang tertangkap pada lukisan itu.

Sebenarnya gambar yang jauh dari sederhana ini terinspirasi dari
menjemur pakaian di tali yang saya bentang antara pohon besar dan
pohon kecil,dimana ketika saya taruh jemuran pohon yang kecil akan
menunduk ke arah pohon yang besar karena tidak kuat menahan jemuran.
Dari pengalaman itu sempat membuat saya termenung lalu bergumam
sendiri dengan perkataan ini SIX BECIX NGELEPEX SIX BLEX NGENGAWEX
(yang kecil tertunduk yang besar menarik). Sudah tentulah saya akan
menungke (menyokong) pohon yang kecil agar tali jemuran saya kencang .
Tentang apa dan siapa pohon kecil dalam kehidupan kita bermasyarakat
tentunya pembaca lebih tahu ,mengetahui dan berpengatahuan.

Mari kita renungi kata kata papux Abat ini dalam syair sasaknya....

SAX BECIX MATIX
SAX BLEX NGENGENTIX
SAX BECIX NUNDUX
SAX BLEX NENUNJUX

SAX BLEX PATUT
SAX BECIX NURUT
SAX BLEX PATUH
SAX KODEX TERENYUH
SAX BLEX PACU
SAX BECIX TEBANTU

Salam dan maaf jika terlebih kata.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan